7 Fakta Panca Indera

Advertisement
Rasa memberi kita hidup dalam penginderaan. Tanpa itu, Anda mungkin tidak dapat menikmati pemandangan alam yang indah, aroma yang harum, mencicipi rasa dari makanan, mendengar melodi yang indah, dan merasakan sentuhan seseorang yang Anda cintai. Indera manusia juga memberikan kemampuan untuk mengenali lingkungan mereka dengan cara yang berbeda.
Berikut ini adalah fakta menarik tentang panca indera, seperti dilansir dari nursingschool.
  1.  Mata dapat memproses 36.000 bit informasi per jam.
    Mata dapat mentransfer data ke otak untuk diproses sehingga Anda dapat membayangkan dalam pikiran dan mengevaluasi secara langsung informasi yang Anda lihat.
  2. Mata memproses 24 juta gambar dalam kehidupan manusia.
    Secara keseluruhan, mata berkontribusi hingga 85 persen dari pengetahuan Anda. Sederhananya, mata bertanggung jawab menyiapkan bagaimana kita bereaksi terhadap lingkungan.
  3. Hidung dapat mencium sekitar 10.000 bau. Meskipun indera penciuman kita lebih rendah dari indera penciuman yang dimiliki oleh hewan, manusia mampu mendeteksi bayi yang menggunakan reseptor penciuman. Setiap reseptor dikodekan oleh gen yang unik. Jika Anda kurang gen, maka Anda tidak memiliki kemampuan untuk mendeteksi bau.
  4. Wanita memiliki indera penciuman yang lebih baik daripada pria.
    Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat satu dekade lalu menunjukkan, wanita usia produktif mampu mendeteksi aroma yang berbeda pada tingkat yang lebih tinggi daripada pria, dan itu mungkin karena pengaruh hormon seks wanita. Ketika pria dan wanita mencapai usia paruh baya atau lebih tua, mereka akan mencium pada tingkat yang sama atau hampir sama.
  5. Manusia tidak bisa merasakan apa-apa yang tidak dapat dilarutkan oleh air liur.
    Air liur melarutkan bahan kimia dalam makanan yang memungkinkan reseptor untuk mendeteksi rasa. Tanpa itu, jelas, makanan akan terasa hambar. Untuk membuktikan sendiri, keringkan lidah Anda dengan handuk atau tisu dan kemudian rasakan makanan kering yang mengandung gula dan garam. Anda akan merasa sulit untuk menggambarkan rasa makanan karena akan terasa hambar.
  6. Punggung adalah bagian paling sensitif dari tubuh.
    Berbeda dengan bagian-bagian sensitif dari tubuh Anda, punggung mengandung bagian yang sangat kecil dari korteks somatosensori. Jadi, Anda akan merasakan setiap sentuhan lembut pada punggung.
  7. Wanita memiliki rasa yang lebih baik daripada pria. 
    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ilmu Komunikasi Denmark dan ilmuwan makanan dari Fakultas Biologi di Universitas Kopenhagen menyebutkan, pria membutuhkan asam 10 persen lebih dan sekitar 20 persen lebih manis untuk mengenali rasa.
Anda sudah merasakannya?
Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DUNIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger