Keajaiban Surat Cinta Pertama Didunia, ditemukan!

Advertisement
Surat Cinta Pertama Didunia!
Surat cinta tertua di Dunia yang pernah ditemukan berasal dari sekitar masa 2200 SM di lembah Niffer 150 km dari kota Baghdad, Irak. Penemuan ini berdasarkan penggalian arkeologi sekitar tahun 1889 oleh Noah Kramer Profesor dari Philadelphia University.
Pada awalnya arkeolog menemukan sekitar 70 ribu artefak berbahasa Sumeria yang pada saat itu masih belum bisa diterjemahkan arti dari bahasa tersebut. 58 tahun setelah penemuan tersebut, sumerolog (ahli bahasa Sumeria ) terkenal didunia yang bernama Muazzez Longsor dan Hatice K?z?laybu mencoba menerjemahkan arti yang terkandung dalam artefak tersebut.

Artefak tersebut berbentuk seperi plat terbuat dari batu. Bila melihatnya, sebagai orang awam termasuk TS kita tidak akan tahu maksud dan arti tujuan tersebut.
Surat dalam berbentuk artefak itu dibuat oleh seorang pendeta tinggi (High Priest ) bangsa Sumeria bernama Inanna yang ditujukan kepada Sang Raja yang sekaligus suaminya pada malam pernikahan mereka. Sudah menjadi tradisi bangsa Sumeria bahwa pada saat malam pernikahan sang istri akan membuatkan puisi cinta untuk sang suami.
nah berdasarkan penerjemahannya dari Sumerolog orang Turki tsb ke Bahasa Inggris adalah sebagai berikut:
kurang lebih begini ..
Inilah Isi Dari Artefak Tersebut : (ingin Baca Versi Bahasa Indonesianya ) dibawah…
Bridegroom, dear to my heart,
Goodly is your beauty, honeysweet,
Lion, dear to my heart,
Goodly is your beauty, honeysweet.
You have captivated me,
Let me stand tremblingly before you.
Bridegroom, I would be taken by you to the bedchamber,
You have captivated me,
Let me stand tremblingly before you.
Lion, I would be taken by you to the bedchamber.
Bridegroom, let me caress you,
My precious caress is more savory than honey,
In the bedchamber, honey-filled,
Let me enjoy your goodly beauty,
Lion, let me caress you,
My precious caress is more savory than honey.
Bridegroom, you have taken your pleasure of me,
Tell my mother, she will give you delicacies,
My father, he will give you gifts.
Your spirit, I know where to cheer your spirit,
Bridegroom, sleep in our house until dawn,
Your heart, I know where to gladden your heart,
Lion, sleep in our house until dawn.
You, because you love me,
Give me pray of your caresses,
My lord god, my lord protector,
My Shu-Sin, who gladdens Enlil’s heart,
Give my pray of your caresses.
Your place goodly as honey, pray lay your hand on it,
Bring your hand over like a gishban-garment,
Cup your hand over it like a gishban-sikin-garment.
Terjemahan Ke Bahasa Indonesianya
Mempelai, sayang di hatiku,
Lumayan adalah kecantikan Anda, honeysweet,
Lion, sayang di hatiku,
Lumayan adalah kecantikan Anda, honeysweet.
Anda telah memikat saya,
Biarkan aku berdiri gemetar sebelum Anda.
Mempelai, saya akan diambil oleh Anda ke kamar tidur,
Anda telah memikat saya,
Biarkan aku berdiri gemetar sebelum Anda.
Lion, saya akan diambil oleh Anda ke kamar tidur.
Mempelai, biarkan aku membelai Anda,
belaian berharga saya lebih gurih dari madu,
Di kamar tidur, diisi madu,
Biarkan aku menikmati keindahan yang lumayan Anda,
Lion, biarkan aku membelai Anda,
belaian berharga saya lebih gurih dari madu.
Mempelai, Anda telah mengambil kesenangan Anda dari saya,
Katakan ibuku, ia akan memberikan makanan lezat,
Ayah saya, dia akan memberikan hadiah.
semangat Anda, saya tahu di mana untuk menghibur semangat Anda,
Mempelai, tidur di rumah kami sampai fajar,
jantung Anda, saya tahu di mana menggembirakan hati Anda,
Lion, tidur di rumah kami sampai fajar.
Anda, karena kau mencintaiku,
Beri aku berdoa dari belaian Anda,
Dewa tuanku, Tuanku pelindung,
My Shu-Sin, yang menggembirakan hati Enlil’s,
Berikan saya berdoa belaian Anda.
tempat Anda lumayan sebagai madu, berdoa meletakkan tangan Anda di atasnya,
Bawa tangan Anda seperti pakaian-gishban,
Piala tangan Anda di atasnya seperti pakaian-gishban-sikin
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DUNIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger