10 fakta unik kota bandung

Advertisement
Sepuluh fakta menarik tentang Bandung ini tidak diniatkan untuk menjelek-jelekan kota sendiri (tapi kalau narsis mah gak apa-apa ya :D). Tulisan ini ingin menceritakan kepada yang ingin tahu (dan yang sudah tahu) tentang "Bandung kayak apa sih". Yang pasti, baik atau jelek, Bandung adalah kota yang menyenangkan. Diantara kemacetan, geng motor, dan jalanan yang berlubang, kalau disiasatin dan tahu caranya gimana, kita bisa kok menikmati Bandung. Oke? Sip!
Silakan dibaca.
 
1. PERSIB
Untuk orang Bandung (apalagi Bobotoh - fansnya PERSIB) PERSIB adalah hidup mereka. PERSIB adalah nafas, sebuah perjuangan. Walau wan prestasi tapi kalau buat tim sepakbola kota sendiri tetap didukung selalu. Lazimnya kalau tim kota bertanding ya bangga dong. Nah anehnya, sebagian masyarakat malah 'takut' kalau ada pertandingan PERSIB di dalam kota. Takut rusuh. Eit tunggu dulu, PERSIB juga punya kok Bobotoh soleh dan solehah, anti rusuh loh. Jadi ayo didukung PERSIB-nya!

2. Tahu
Entah kenapa orang ramai-ramai belanja tahu di Bandung. Konon katanya tahu Bandung itu segar. Rasanya khas, yang pasti sih luar biasa enak!

3. Banjir Cileuncang
Cileuncang (buat orang non-sunda, agak-agak susah ya melafalkan kata ini). Karena sistem drainase yang gak bagus, Bandung kalau diguyur hujan akan mengalami banjir sementara. Nah banjir sementara ini yang dinamakan Cileuncang.

4. Lautan Api
Kota-kota di republik ini punya sejarah perjuangan sendiri. Termasuk Bandung. Yang paling momentum adalah perjuangan Bandung Lautan Api. Penduduk Bandung rela mengorbankan harta bendanya (khususnya rumah) untuk ditinggal, malah dibakar (rumah yang dibakar). Bayangin, ngebakar rumah sendiri...ugh kesayat-sayat rasanya. Namun daripada diduduki penjajah, orang Bandung milih merdeka.

5. Kota 1000 Angkot
Rasanya hanya di Bandung yang jumlah angkotnya gak hanya banyak, tapi juga berwarna! Aneka warna, aneka tujuan.

6. Macet
Bandung adalah kota yang kecil, dengan jalan raya yang kecil-kecil dan berkelok-kelok. Kondisi ini ternyata bikin kewalahan jalanan dalam menampung kendaraan. Panjang jalan yang pendek-pendek, banyak perempatan/pertigaan, lampu merah sering mati, dan kalau hujan datang si banjir Cileuncang, nah komplit deh bikin yang terjebak macet jadi manyun.
8. Kuliner
Nah (lagi), sambil nunggu macet reda, bisa juga belok dan berteduh di bawah atap warung atau resto. Di Bandung makanan enak banyak, harga dan rasa juga macam-macam. Mau murah dan enak ada, mau yang berkelas dan rasa tetap berkualitas juga tersedia.

7. Pengamen bersuara merdu
Nah selagi kena macet, jangan sia-siakan keberadaan pengamen. Ya siapa tahu ketemu pengamen bertampang Sule yang punya suara semerdu Charlie :D
9. Bandung di siang hari = macet, maka Bandung di malam hari = geng motor.
Hati-hati yang berkendara di Bandung tengah malam ya. Kalau melihat kerumunan motor dikejauhan, segeralah menjauh. Sebaiknya menghindar saja. Kalau ternyata kepergok dengan geng motor, segeralah tancap gas menuju kantor polisi terdeket. Oleh karena itu, perluas wawasan teman-teman tentang lokasi kantor polisi di Bandung.
10. Shoping
Oh ini dia surganya yang doyan belanja. Bahkan yang gak hobi belanja sekalipun. Ayo mau cari apa? keperluan dari ujung rambut sampai ujung kaki ada semua. Harga? biasa diatur. Ingin memenuhi gaya hidup? oh ada. Silakan dipilih-pilih tempat belanja yang disukai (atau yang emang butuh). Ada factory outlet, ada distro, Pasar Baru, barang bekas, barang bajakan, sampai yang barang-barang kelas artis-artis Hollywood.
11. Mahanagari
Mahanagari bukan sekedar clothing biasa. Ada embel-embel CULTURE-nya, jadi Culture Company. Mahanagari mengkampanyekan Bandung melalui desain (kaos), souvenir lain, termasuk bikin beberapa acara temanya Bandung.
Share this article :
 

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DUNIA INFO - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger